Ucapan Selamat datang Masa Depan untuk membuka celah virus baru (MeemCode) | PROPAGANDA



Hello, Selamat datang di MeemCode, mungkin jika anda membaca kalimat ini berarti seluruh kiriman artikel dalam MeemCode sudah diperbaharui seluruhnya, baik ditambahkan, dikurangi dan bahkan dihapus.

bunga dengan teks welcome
Sumber gambar : Pixabay.com
Ada yang menarik tentang hal ini sebelum kita jauh menelusuri topik-topik seputar teknologi dan kecerdasan buatan, dimana hal itu akan memenuhi kepala para pembaca dan anda akan mulai membayangkan, menerka-nerka atau bahkan meragukan apa yang akan kita lakukan di masa yang akan datang. Namun, bukan hanya untuk sekedar menjadikan anda seorang pembaca. Alih-alih menjadikan anda seorang yang imajinatif, suka menebak dan atau menjadikan anda seorang yang suka mengkritik sesuatu karena memiliki referensi dari MeemCode yang ‘out of the box’. Kami juga akan mengajak anda untuk mewujudkan ide anda, apa itu ? Eksekusi.

Ya eksekusi adalah sesuatu yang dilakukan setelah melakukan propaganda. Sebagaimana kita ketahui bahwa propaganda tidak selalu berarti negatif. Propaganda berasal dari bahasa Latin modern yang berarti “mengembangkan dan atau memekarkan”, Propaganda dilakukan untuk mempengaruhi pendapat dan bahkan kelakuan seseorang (dibaca : Perspektif atau Pandangan/cara pandang). Anda dapat membaca keterangan lebih lanjut mengenai Propaganda dan hal berhubungan lainnya di situs www[dot]wikipedia[dot]com.

Baiklah mari kita mulai perjalanan panjang anda di MeemCode, dan jangan lupa untuk SHARE/BERBAGI dan Klik BERLANGGANAN/SUBSCRIBE ya teman-teman mims (para pembaca setia) sekalian.

komputer dan otak manusia
Sumber gambar : Pixabay.com

AIatau Artifical Intelligence dalam bahasa Indonesia yang berarti adalah “Kecerdasan Buatan”. Bagaimana seseorang dapat dikatakan cerdas ? Tentunya ada validasinya (validasi adalah nilai atau ketetapan yang kita dapatkan setelah melalui satu atau beberapa pengujian untuk mendapatkan nilai banding/perbedaan dengan tepat dan akurat).
Karena telah lulus atau memenuhi tahapan-tahapan dan standar dengan langkah-langkah pengujian, pengabsahan, penentuan dan telah memenuhi ketentuan dalam hal menghitung, membaca, menganalisa dan memberikan opini maka seseorang itu dapat kita katakan cerdas, namun kecerdasan akan menjadi lebih luas cakupannya apabila anda atau seseorang ataupun kita, telah mampu memberikan argumentasi dan harapan sehingga membuat orang lain atau sekelompok dan bahkan seluruh orang dapat percaya dan meyakini bahwa apa yang sudah anda atau saya dan atau kita lalui, menjadi suatu validasi untuk kita dapat dikatakan “cerdas”. 

bilangan biner
Sumber gambar : Pixabay.com

Lalu bagaimana dengan AI atau Artificial Intelligence ? Apa hubungannya ? dan untuk apa saya menjadi cerdas.
Secara sederhana, apa yang kita gunakan hari ini, seluruh benda dan seluruh cara untuk hidup adalah suatu proses pengembangan yang terus-menerus dilakukan oleh pendahulu kita sebelumnya. Maka hal-hal seperti berbicara, berjalan dan bahkan cara kita berfikir di wariskan oleh cara nenek dan kakek moyang kita dahulu untuk tetap hidup. AI atau Artificial Intelligence juga mengalami hal yang sama dalam pengembangannya, tidak hanya tersusun dari angka 1 dan 0 saja, saat ini perangkat komputasi (komputer) yang telah mengalami perubahan menjadikan kita (manusia dan komputer) menjadi satu bagian. Bagian yang kemudian tidak terpisahkan. Tidak dapat dijauhkan dan bahkan ada lelucon yang mengatakan bahwa manusia tanpa gadget (handphone/laptop dan perangkat komputer lainnya) seperti kembali ke zaman batu. Benarkah ?

evolusi manusia
Sumber gambar : Pixabay.com

Seperti halnya manusia yang selalu tumbuh terus-menerus hingga menjadikannya cakap, bermanfaat bagi manusia lainnya dan mampu melewati batas kemampuan manusia-manusia lainnya. AI atau Artificial Intelligence yang dahulunya adalah sekumpulan 0 dan 1 kini adalah bagian dari hidup kita, mereka (komputer) berkembang dengan seiring kemampuan kita, kita melatih mereka di laboratorium, kita melatih mereka dengan perangkat keras dan lunak yang semakin efisien dan minimalis bentuknya, namun powerfull dalam penggunaannya.

Dahulu, kita hanya tahu bahwa ‘computare’ dalam bahasa Yunani yang berarti menghitung atau menggabungkan/digabungkan (dalam pelajaran Matematika sekolah dasar seperti penjumlahan, pengurangan dan lainnya) sesuatu, seperti menghitung nilai dari penjumlahan, pembagian dan kompleksitas perhitungan rumit, komputer sangat cepat untuk menghitung hal-hal tersebut .
Kini tidak hanya menghitung atau menggabungkan saja, AI atau Artificial Intelligence adalah keduanya, yaitu menggabungkan dan lalu memperhitungkan. Bagaimana ini bisa terjadi ? lalu apa manfaatnya ?

gambar speaker
Sumber gambar : Pixabay.com

Pernahkah anda mendengar AI sebelumnya ? atau sekedar membaca lebih dalam ? lebih jauh dan bahkan hal tersebutlah yang membawa anda untuk membaca tulisan “Ucapan Selamat datang Masa Depan untuk membuka celah virus baru (MeemCode) | PROPAGANDA “. Penulis MeemCode ucapkan selamat, dan bahkan untuk jawaban “Tidak” sekalipun di awal paragraf ini. Penulis tetap ucapkan selamat datang di MeemCode.
Semakin jauh nantinya anda membaca dan memahami apa itu AI atau Artificial Intelligence, anda akan mulai bertemu dengan kata dan nama-nama yang jika di bahasa Indonesia-kan akan terasa sulit dalam penerjemahannya. Seperti Machine Learning, Neural Network, Generative Adversarial Network dan lain sebagainya. Dan jangan khawatir, karena anda dapat mengetahui seluruhnya di MeemCode , silahkan lakukan dengan cara ketik di kolom pencarian saat anda kebingungan dengan kata pada artikel ini atau yang lainnya. Atau dengan mudahnya penulis selalu memberikan ‘higlight pada artikel penting atau memiliki penjelasan yang dimana tidak hanya dapat anda temukan di satu artikel saja, namun bahkan dua atau lebih artikel.

Wow, semakin seru saja petualangan kita kali ini bukan teman-teman mims, jangan lupa untuk berbagi dan berlangganan ya. Hehe.

Lalu apa manfaat AI atau Artificial Intelligence dimasa kini ?
Banyak dan sangatlah banyak, dari awal dilakukan pengembangannya oleh Alan Turing hingga akhirnya Artificiall Intelligence atau Kecerdasan Buatan dapat mengalahkan Atlit Go, membuat komputer mampu berbicara layaknya manusia hingga memprediksi pasar ekonomi yang tidak hanya secara satu lokal brand/produk saja, namun juga dunia(global).

logo chatbot
Sumber gambar : Pixabay.com

Bagaimana jika mulai dari yang paling kecil ?
Yang paling mudah dan sering kita temui adalah aplikasi chatbot, botgame, hingga autotask.

Dapatkah kita (penulis dan mims) katakan bahwa itu adalah Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan ?
Ya, karena pada dasarnya Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan berawal dari sekumpulan data yang dilakukan perhitungan. Yaitu adalah dengan cara melatih data-data tersebut dengan cara Random Forest, Bayesian, Supervised atau Unsupervised, dan lain sebagainya. Dan tenang saja, penulis mengerti jika anda kesulitan untuk memahami hal ini langsung karena penulis selalu memberikan ‘higlight pada artikel penting atau memiliki penjelasan tidak hanya dapat anda temukan di satu artikel saja, namun bahkan dua atau lebih artikel.
Pelatihan ini disebut dengan ‘training’, dan ada juga yang disebut dengan ‘loss’ atau kegagalan.

pria melihat teks
Sumber gambar : Pixabay.com

mims : Mengapa pelatihan tersebut dapat dikatan gagal ?
Penulis MeemCode : tidak bagus/buruk dan bisa juga karena terlalu cocok.
mims : karena terlalu cocok ? Bukankah hal tersebut adalah kabar baiknya ?
Penulis MeemCode : Tidak selalu, karena akan terjadi bias.
mims : bias ? Apasih bias itu ?

Hehe, seperti yang penulis katakan sebelumnya, penulis selalu memberikan ‘higlight pada artikel penting atau memiliki penjelasan yang dimana tidak hanya dapat anda temukan di satu artikel saja, namun bahkan dua atau lebih artikel. Atau silahkan lakukan dengan cara ketik di kolom pencarian saat anda kebingungan dengan kata pada artikel ini atau yang lainnya

pria menulis di papan putih
Sumber gambar : Pixabay.com

Oke langsung saja ke topik akhir,
Sadarkah anda teman-teman mims sampai dengan kalimat ini, anda setidaknya sudah membaca setidaknya lebih dari 1.000 (seribu) kata. Ya, tepat sekali. Dan ini sekaligus menjawab pertanyaan teman-teman sekalian mengenai “Mengapa saya harus cerdas ?”
Sebelumnya kamu bisa membaca apa itu arti dari kata “cerdas” penulis sarankan untuk anda membaca arti “cerdas” tersebut di situs www[dot]kecerdasanuniversal[dot]com , sebuah situs yang penulis rasa dapat menjadi suatu referensi mendapatkan perspektif berbeda.
Cerdas secara sederhana adalah suatu tindakan dalam berfikir, mengerti, memahami dan berinovasi (problemsolving) untuk mencapai suatu tujuan baik dalam bentuk pencapaian, jawaban dan bahkan kepuasan diri. Hal itulah yang kemudian penulis berikan kepada para mims yang sekiranya menemukan artikel ini di dalam samudra Search Engine hingga akhirnya terpuaskan dengan menemukan jawaban, menemukan referensi dalam melakukan sesuatu dan atau bahkan pertanyaannya yang selama ini mengganggu akhirnya terjawab.

Bagaimana ? sudah cukup terjawab bukan pertanyaan teman-teman mims sekalian ? hehe dengan judul artikel “Ucapan Selamat datang Masa Depan untuk membuka celah virus baru (MeemCode) | PROPAGANDA “dan jangan lupa untuk SHARE/BERBAGI dan Klik BERLANGGANAN/SUBSCRIBE ya teman-teman mims sekalian.


Post a Comment

0 Comments