Projek Sosial BUKU UNTUK NEGERI By Matius Celcius Sinaga. AYO !! ikut saya menyumbang buku !!.

Syaloom, perkenalkan nama saya Matius Celcius Sinaga, saya adalah seorang putera asli, lahir dan besar di Tapanuli Utara, tepatnya di kecamatan Tarutung.

BUKU UNTUK NEGERI
Saya pernah mendengar suatu ungkapan bijak yang menyatakan bahwa “buku adalah jendela dunia”, sesuatu yang membuat saya percaya bahwa seluruh dunia dapat diarungi dengan buku. Tapi tidaklah cukup dengan satu buku saja, karena ada ungkapan lain yang menyatakan negasi dari kalimat bijak diatas, yaitu bahwa “yang paling berbahaya adalah orang yang di dalam hidupnya hanya membaca satu buku saja”(saya kutip dari salah satu karya Jason Ranti). Tentunya saya tidak ingin menjadi manusia seperti itu, manusia yang kerdil.
Saya ingin membawa anda sejenak bermain dengan imajinasi saya. Jika seandainya anda adalah seorang yang memiliki berkat dalam menulis, dapat menghasilkan karya, baik dalam bentuk karya tulis, puisi dan lainnya. Apakah anda akan berbagi pengetahuan dengan orang lain ?
Sesungguhnya hal inilah yang ingin saya wujudkan, sesuatu yang menggetarkan hati. Saya ingin berbagi kepada sesama manusia, kepada bunga di taman.. atau bahkan kepada binatang yang saya jumpai. Dengan mengajak teman-teman sekalian bersama saya melakukan sebuah projek sosial bernama BUKU UNTUK NEGERI.

Setelah memperkenalkan diri diawal, saya ingin membawa anda lebih jauh mengenal saya. Saya adalah seorang penulis, content writer, blogger dan seorang penggiat IT. Sejauh ini yang paling membanggakan bagi saya pribadi adalah bahwa saya telah menulis 2 buku dan 7 paper. Dimana buku dan paper saya telah dibaca hampir mencapai 12 ribu kali di seluruh dunia (11.669 kali saat tulisan ini dibuat). Saya yakin buku dan paper yang telah saya tulis sudah mencapai lebih dari 12 ribu kali, mengapa saya begitu yakin ? karena sebelumnya telah menemukan beberapa respository lain yang juga menyediakan paper dan buku saya di situs milik mereka, baik blog maupun web. Dimana hal ini tidak dapat saya record secara langsung dengan beberapa alasan antara lain seperti reuploader yang tidak meminta ijin atau menghubungi saya perihal paper dan buku saya di upload ulang di Google Drive atau akun penyimpanan online miliknya. Bagi saya pribadi hal ini tidak terlalu menjadi masalah sebagaimana telah saya cantumkan dalam buku mengenai keterangan bahwa “… dapat disalin atau dibagi dengan tanpa mengurangi keterangan penting seperti nama penulis hak cipta dan keterangan lainnya”. Dengan kata lain buku ini memang di tujukan pada publik. Bagi siapa saja yang ingin membaca dan memiliki buku ini dengan cara GRATIS.

APA YANG INGIN SAYA WUJUDKAN
Sesuai dengan judul dari artikel ini adalah suatu upaya untuk melakukan PROJEK SOSIAL, suatu gerakan sosial yang dimulai dari saya pribadi mengajak teman-teman lainnya untuk melakukan kegiatan sosial menyumbang buku ke Dinas Perpustakan Tapanuli Utara.

IKUT BERKARYA, BERKONTRIBUSI DAN MEMBANTU NEGERI
1.      Kendala yang saya hadapi
Diawal penulisan paper saya dahulu bukan tanpa tantanngan, ada begitu banyak rintangan dan kendala untuk mewujudkan hal tersebut. Namun saya percaya kasih Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kuduslah yang telah bekerja bersama-sama hingga hari ini saya tetap mampu bernafas dan mengucap syukur atas nikmat yang telah di B'ri.
Dalam kegiatan Projek Sosial inipun saya memiliki beberapa kendala dimana saya sangat berharap kepada anda para pembaca untuk ikut berkontribusi. Yaitu dengan ikut serta salah satu atau keseluruhan dari hal berikut ini :
a.       Anda dapat bergabung dengan menjadi sukarelawan editor buku, desainer sampul buku dan content writer untuk membantu saya dalam melakukan revisi. Nantinya versi revisi atau edisi ke 2 dan hanya tersedia di Dinas Perpustakaan Tapanuli Utara.

b.      Apabila anda  tidak memiliki waktu maupun kemampuan, anda dapat bergabung dan berkontribusi melalui penggalangan dana. Melalui situs KitaBisa atau langsung menghubungi saya di alamat facebook.

c.       Jika anda telah berkontribusi di salah satu atau tidak keduanya maka kemungkinan anda dapat bergabung bersama saya dengan cara ikut serta menyumbangkan buku-buku bacaan yang layak pakai ke Dinas Perpustakaan Tapanuli Utara.

2.      Nama dalam daftar
Diakhir buku saya juga menyediakan lembar khusus bagi rekan-rekan sekalian yang telah bergabung dan ikut serta dalam membantu saya mewujudkan Projek Sosial berjudul BUKU UNTUK NEGERI. Nantinya saya juga sangat berharap besar anda menyertakan nama lengkap dan valid.

3.      Sasaran akhir dalam proses membangun negeri
Saya yakin tidak ada batas akhir dalam proses memperbaiki diri. Kita adalah manusia yang tidak sempurna namun bukan berarti ketidaksempurnaan adalah alasan menjadi lemah dan malas untuk berubah menjadi lebih baik.
Sasaran akhir atau target akhir saya adalah setidaknya menyumbang 2 (dua) buku ke Dinas Perpustakaan Tapanuli Utara. Yaitu adalah buku berjudul Buku Paduan Menulis Membentuk Jati Diri Dan Keinginan Menulis dan buku berjudul Kriptografi dan Python . Nantinya akan menjadi versi revisi terbaru (edisi 2).


Estimasi awal dari yang saya butuhkan setidaknya Rp.100.000(seratus ribu rupiah) per 1 (satu) buku. Jika nantinya Projek Sosial ini terwujud dan memiliki sisa dana, akan saya kembalikan pada rekan-rekan sekalian, akankah disumbangkan atau bagaimana. Tanggal penutupan penggalangan dana/crowdfunding ditutup tanggal 30 April 2019.
Demikian artikel Projek Sosial berjudul BUKU UNTUK NEGERI. Jangan lupa kunjungi penggalangan dana/crowdfunding kami di situs KitaBisa atau hubungi saya melalui situs Facebook.
Syaloom…

Post a Comment

0 Comments