Persepsi Dan Propaganda Dari Dua Zaman | Persepsi Suggy/Chris Summer Dan Yuval Noah Harari]

foro mesin tik
Sumber gambar : Pixabay.com
Sejarah AI
Sejarah Artificiall Intelligence atau Kecerdasan Buatan jika dirunut lebih lanjut maka tampak timbul tenggelam, namun dalam perkembangan AI/ Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan selalu diwarnai oleh kemajuan-kemajuan yang berarti. Dimulai oleh seorang peneliti muda, juga seorang inovator bagi saya (penulis). Alan Turing, Alan Turing dengan ‘Turing tes’nya, kemudian ‘deeplearning’ (pembelajaran mesin) oleh Arthur Lee Samuel, disambut oleh ‘neuralnetwork’ di tahun 90an.

PROLOG 
evolusi manusia
Sumber gambar : Pixabay.com
“ Sejauh ini, kita sudah berkompetisi dengan Tuhan-Tuhan lama dengan menciptakan alat-alat yang lebih bagus. Pada masa depan yang tidak terlalu jauh, kita mungkin menciptakan manusia super yang akan melampaui Tuhan-Tuhan kuno bukan dalam hal alat-alat mereka, melainkan dalam hal kemampuan badaniah dan mental. Namun, jika dan ketika kita sampai di sana, keilahian akan menjadi duniawi sebagaimana dunia maya—keajaiban di antara keajaiban-keajaiban yang sudah kita anggap biasa saja. Kita bisa cukup yakin bahwa manusia akan melakukan upaya untuk memperoleh keilahian karena manusia punya banyak alasan untuk mendambakan peningkatan semacam itu, dan banyak cara untuk mencapainya. Sekalipun jika salah satu jalan ternyata jalan buntu, rute-rute alternatif akan tetap terbuka. Misalnya, kita mungkin menemukan bahwa gen manusia amat sangat terlalu rumit untuk manipulasi serius, tetapi ini tidak akan mencegah pengembangan antarmuka-antarmuka komputer otak, robot-robot nano, atau Kecerdasan Artifisial (Al). Tetapi, tak perlu panik. Sekurang-kurangnya tidak dalam waktu dekat. Memperbarui Sapiens akan merupakan proses historis bertahap, bukan wahyu ala Hollywood. Homo sapiens tidak akan dihabisi oleh pemberontakan robot. Namun, Homo sapiens kemungkinan akan meningkatkan kapasitas dirinya selangkah demi selangkah, menyatu dengan robot dan komputer dalam proses itu, sampai keturunan kita akan memandang ke belakang dan menyadari bahwa mereka tidak lagi jenis binatang yang menulis Injil, membangun Tembok Besar China, tertawa dengan keunikan Charlie Chaplin. Ini tidak akan terjadi dalam sehari atau setahun, ini sudah terjadi saat ini, dalam perbuatan-perbuatan duniawi. Setiap hari jutaan orang memutuskan untuk menyerahkan kepada telepon pintar kendali atas kehidupan mereka atau mencoba obat anti depresan baru dan lebih efektif. Dalam memburu kesehatan, kebahagiaan, dan kekuasaan, manusia akan pelan-pelan mengubah pertama-tama salah satu fitur dan kemudian fitur yang lain, dan yang lain lagi, sampai mereka tidak lagi menjadi manusia.” Yuval Noah Harari - Homo Deus Masa Depan Umat Manusia - Alvabet

Ada hal yang menarik perhatian penulis pada acara DEFCON25 beberapa saat sebelum tulisan ini pertama kali di rilis untuk publik.

defcon org
Sumber gambar : defcon.org
Yaitu adalah persentasi dari seseorang bernama Suggy/Chris Summer. Dalam topik atau judul utamanya adalah “Rage Against the Weaponized AI Propaganda Machine”.
Ada 5 pertanyaan yang kemudian Suggy/Chris Summer paparkan dan kemudian mungkin kita (saya dan anda) mulai memikirkan hal ini lebih dalam. Perlu teman-teman mims  kemudian ketahui bahwa tulisan ini sudah mengalami penyaduran, namun penulis MeemCode tetap bertanggung jawab terhadap artikel yang di publikasi.
Pertanyaan itu adalah sebagai berikut :
1. Mengapa masyarakat masa kini mudah terpecah-belah/terbagi-bagi (dalam hal ini menyangkut terprovokasi) ?
2. Hal apa yang mempengaruhi persepsi kita ?
3. Bagaimana dan seberapa efektifnya sebuah ‘segmentasi psychographic’ (berasal dari kata Psychographic Segmentation; adalah suatu pengelompokan karakteristik konsumen/target, dari hal mendasar seperti motivasi, minat, ketertarikan dan bahkan persepsi) ?
4. Godaan-godaan lain yang ada ?
5. Bagaimana pengaruh terhadap penolakan-penolakan propaganda ?
  
1. Mengapa masyarakat masa kini mudah terpecah-belah/terbagi-bagi (dalam hal ini menyangkut terprovokasi) ?
gambar-hati
Sumber gambar : Pixabay.com
Nothing to Hide, Nothing to Fear”, Ok STOP IT! Really ?

Banyak dari kita masih percaya bahwa pelanggaran privasi itu adalah bualan belaka, seperti hoax, ketakutan yang berlebihan dan sebagainya, mereka percaya bahwa device yang mereka gunakan, peralatan- peralatan canggih yang ada di sekitar kita memiliki status ‘aman’. “But no system is safe, right ?” Ini adalah sebuah bentuk provokasi tentunya, dan jika melihat sejarah lebih jauh penulis dan teman-teman pembaca MeemCode dapat membaca berita mengenai Edward Snowden dan teman-teman lainnya yang menyerukan pelangaran privasi, namun kasus pelanggaran privasi yang terjadi belakangan ini lebih mengguncangkan kita, Cambridge Analytica. (Saat tulisan ini diperbaharui kasus Cambridge Analytica belum penulis temui secara jelas ada apa sebenarnya)
Lalu apa yang sebenarnya memecah kita adalah berawal dari kita sendiri, lingkungan dan cara berfikir kita, banyak dan masih banyak orang yang tertipu oleh kecanggihan teknologi hari ini, spam, scam dan phising masih menjamur, seakan menunjukkan kita tidaklah percaya pada manusia lagi, kita lebih percaya pada mesin saat ini. Kita kehilangan kesejatian kita menjadi manusia.

Beberapa perpecahan yang kemudian masyarakat kita alami adalah mengenai pendapat-pendapat berikut :
a. Hubungan dan pernikahan LGBT
b. Mulai terpecahnya rasa kesatuan dan ideologi-ideologi yang menyimpang
c. Memiliki satu bentuk persepsi(dalam bentuk harus/paksaan) dalam menanggapi berbagai persoalan yang tentunya berbeda-beda
d. Kelompok-kelompok yang kemudian merasa berbeda dan mulai saling mengasingkan diri
e. Melarikan diri dan bahkan bunuh diri sebagai jalan pintas

Nature provide a first draft, which experience then revises”
Marcus, 2004

Bagaimana peran Artificiall Intelligence atau Kecerdasan Buatan dalam hal ini ? Peran Artificiall Intelligence atau Kecerdasan Buatan masa kini sudah memiliki algoritma yang sudah sangat maju dalam memberikan opini dan bentuk argumentasi tentang suatu berita. Anda dapat mencari beberapa chatbot yang telah digunakan kalayak umum sebagai layanan konsultasi dalam bentuk gratis dan berbayar. Ada juga chatbot yang pernah dibuat oleh Microsoft, namun akhirnya mengalami ‘shutdown’ karena terlalu gamblang dalam memberikan opini(baca:jawaban).

You Have Nothing to Fear, If You Have Nothing to Hide

 2. Hal apa yang mempengaruhi persepsi kita ?
tiga tangan
Sumber gambar : Pixabay.com
Apa yang anda fikirkan setelah membaca statemen saya diawal ? Melanjutkan membaca ? Menyudahi ? Percaya ? Tidak percaya anda tetap memiliki pilihan, pandangan. 
Ada pertanyaan menarik sewaktu saya menginjak usia remaja dewasa, kemana anda setelah mati ? Pertanyaan ini kian menjadi suatu retorika yang menjadi-jadi. Terkadang menjadi sebuah kecemasan, keraguan dan rasa ingin tahu yang lebih jauh namun terbatasi. Begitu juga dengan peran Artificiall Intelligence atau Kecerdasan Buatan dalam memberikan informasi dan mengambil informasi, Cambridge Analytica dituding menggunakan data pribadi warga Amerika dalam pemenangan Trump menjadi Presiden Amerika Serikat, sungguh terkecam perbuatan ini bagi sebagian orang dimana ketakutan dan ketertarikan mereka diperdaya oleh sebuah sistem yang telah dirancang untuk dapat berfikir dan memberikan informasi yang relevan yang sudah diatur oleh pembuatnya sendiri, anda dapat membaca kelanjutan kasus ini di mesin pencari anda dimana kasus ini sampai memanggil Mark Zukenberg selaku CEO Facebook.

Teroris.
Hari ini pertanggal 17 Mei jam 00:15WIB di gadget saya telah banyak menyebar berita dan hoax mengenai teroris, bagaimana peran berita teror dan aksi teror bagi masyarakat dunia umumnya ? Sangat mencemaskan pastinya, sebagai informasi tambahan dalam kurun waktu 4 hari sudah terjadi ancaman teror dan ledakan bom di berbagai daerah di Surabaya, Indonesia. Dan ancaman teror hingga ke pulau Sumatera tepatnya daerah RIAU, peran hoax tidak kalah santernya di dunia maya hingga orang-orang yang kiranya untuk keluar rumah berfikir dua kali, namun ini adalah tugas kita bersama untuk melakukan tindakan dalam mengurangi hoax, katakan yang benar dan berbuatlah dengan benar.

3. Bagaimana dan seberapa efektifnya sebuah ‘segmentasi psychographic’ (berasal dari kata Psychographic Segmentation; adalah suatu pengelompokan karakteristik konsumen/target, dari hal mendasar seperti motivasi, minat, ketertarikan dan bahkan persepsi) ?

rak makanan
Sumber gambar : Pixabay.com

Ada setidaknya 4 hal yang menjadi penentu pribadi seseorang menarik :

a. Ketertarikan
b. Usia
c. Jenis kelamin
d. Daerah tinggal

Artificiall Intelligence atau Kecerdasan Buatan dalam hal ini membantu anda untuk mencari orang yang sesuai dengan yang anda inginkan, dengan pilihan-pilihan yang telah tertera atau pilihan yang ditampilkan, pada bagian situs facebook seseorang dapat melihat di bagian ‘tentang/about’ untuk mendapat gambaran seseorang tersebut. Beberapa penyedia layanan kencan online banyak bertebaran di dunia maya seperti Tinder dan aplikasi private dan premium lainnya.

Sebagai perbandingan sementara yang saya dapatkan sebagai berikut :
1. Keterbukaan seseorang dalam usia memiliki efek dalam penurunan dan peningkatan yang relatif kecil, dalam rentang usia seseorang 19-20 tahun, seseorang baik laki-laki maupun perempuan lebih tertutup dibanding usia 30 tahun hingga 60 tahun dimana lebih terbuka secara sosial.
2. Kekonsistenan seseorang dalam rentang usia 14-15 tahun sangat kecil dibanding usia lebih tua yang memiliki kekonsistenan seseorang yang semakin tinggi maka tetap.

Hal berikut juga dapat kita temukan dalam kasus Cambridge Analytica. Dalam beberapa kasus lainnya data anda akan dimanfaatkan sebagai informasi yang dapat diperjualbelikan.

4. Godaan-godaan lain yang ada ?

gamabr permen hati
Sumber gambar : Pixabay.com
Siapa dari antara kita yang tidak pernah menjadi korban iklan, baik makanan, minuman dan hal-hal menarik lainnya dan jangan salah iklan saat ini tentunya penulis dan teman-teman mims rasakan seperti dan memang lebih 'cerdas' dari sebelumnya yang pernah kita lihat, iklan tersebut banyak berasal dari toko online dan bahkan berita online. Sebagai contoh pernahkah anda mendapat tawaran setelah melakukan review sesuatu, katakanlah sebuah barang bernama A kemudian iklan tersebut tiba-tiba muncul (biasanya pop-up namun tidak menutup kemungkinan dengan jenis yang lain, seperti banner) menawarkan produk B namun anda akhirnya jatuh hati dengan produk C karena lebih bagus dari produk A, lebih murah dari produk B dan lebih keren dari produk D. Namun iklan ini tidaklah selalu merugikan user, namun tak jarang menguntungkan kedua belah pihak.
“If You know the personality of the people you are you are targetting. 
You can nuance your messaging to resonate more effectively 
with those key audience groups” Alexander Nix, Cambridge Analytica

5. Bagaimana pengaruh terhadap penolakan-penolakan propaganda ?
“The reasoning process is more like a lawyer defending a client  than a judge or scientist seeking truth”
Haidt, 2001

tangan
Sumber gambar : Pixabay.com
Kita sudah membahas mengenai perpecahan yang sering kita alami, yang secara sadar dilakukan dan terkadang juga anda para mims tidak sengaja melakukannya, contohnya SARA dan sebagainya.
Terkadang saat di era modern ini perangkat yang kita gunakanpun sudah dimanipulasi sistem keamanannya, atau sistem itu memang sengaja mendukung hal-hal mempengaruhi kita, ? bisa jadi mungkin.
Setelah terpecah, terbelah dan diperdaya. Masih saja ada cobaan lain, yaitu ? menjadi target. Entah menjadi ‘budak’ atas keinginan kita atau selalu ada saja yang menggoda penulis dan pembaca untuk ‘do something’ , baik dalam hal negatif ataupun sebaliknya, hal positif.
Lalu bagaimana bila penulis dan pembaca MeemCode mencoba menolaknya ? mampukah ? atau saat ini kita benar-benar sudah dikuasai sistem (baca:mesin). Penulis harap, ada yang mengoreksi fikiran penulis nantinya, atau mungkin menambah bait-bait artikel ini.
 Politican have used psychological tricks throughout history.

 Bagaimana para pembaca MeemCode alias mims tercinta dengan artikel kali ini berjudul “Persepsi Dan Propaganda Dari Dua Dunia | Referensi Suggy/Chris Summer Dan Yuval Noah Harari] “ ? Cukup Puas ? hehe , dan jangan lupa untuk SHARE/BERBAGI dan Klik BERLANGGANAN/SUBSCRIBE ya teman-teman mims sekalian.

Tulisan ini telah direvisi dan menjadi dua versi.


Diperbaharui oleh penulis tanggal 06-Oktober-2019

Post a Comment

0 Comments